Monday, February 15, 2016

3 Bangunan bersejarah di Indonesia, ternyata terletak di Pulau Sumatera

Alangkah asyiknya jika berwisata, selain menikmati pemandangan, banyak juga pelajaran yang dapat dipetik, seperti sejarah dan kejayaan bangsa di masa lalu. khususnya ketika kita berwisata ke bangunan-bangunan bersejarah. 

Berbicara bangunan bersejarah, di Sumatera tidak kalah banyak-nya dari segi hal jumlah dan latar belakang sejarahnya, bangunan-bangunan bersejarah di Sumatera menunjukkan, bahwa suku bangsa di sumatera sudah memiliki sumber daya dan seni arsitektur yang tinggi, walaupun belakangan banyak kesultanan-kesultanan melayu di Pulau Sumatera mengandalkan arsitek Barat (Eropa). namun ornamen bangunan tersebut tetap mengutamakan kearifan lokal budaya melayu tanah sumatera.

Berikut 10 tempat bersejarah di Indonesia versi sumber berikut, yang bisa anda pilih sebagai destinasi wisata anda. Bukan hanya sekedar rekreasi, tetapi juga bisa anda jadikan sebagai tujuan wisata edukasi. dan yang menariknya, 3 dari 10 tempat bersejarah tersebut berada di Sumatera.

Daftar Tempat Bersejarah di Indonesia   

1  Lawang Sewu

Tempat Bersejarah di Indonesia - Lawang Sewu

Lawang sewu adalah peninggalan belanda di kota semarang. Bangunan ini dulunya adalah perusahaan kereta api milik belanda. Bangunan ini termasuk bangunan bersejarah karena menjadi saksi bisu perang kemerdekaan yang terjadi di semarang.

 2  Taman Sari

Tempat Bersejarah di Indonesia - Taman sari

Tempat bersejarah di Indonesia salah satunya ada di kota Yogyakarta, yaitu taman sari. Taman sari yang konon katanya adalah sebuah pemandian ini dulunya adalah bangunan yang dipilih sultan Yogyakarta untuk menenangkan diri bersama keluarga. 

 3  Tongkonan

Tempat Bersejarah di Indonesia - Tongkonan

Bagi anda yang berkunjung ke Sulawesi selatan, anda harus berkunjung ke tempat yang masuk dalam daftar 10 tempat bersejarah di Indonesia yaitu tongkonan. Tongkonan adalah peninggalan belanda yang menyuguhkan bangunan rumah adat Sulawesi yang didesain dengan unik dan cantik. 

 4  Masjid Agung Palembang

Tempat Bersejarah di Indonesia - Masjid Agung Palembang

Jika anda berkunjung ke Palembang, jangan lewatkan untuk datang ke masjid agung Palembang. Karena di masjid ini anda bisa menyaksikan bangunan masjid yang didesain dengan dua gaya, yaitu eropa dan china. 

 5  Gereja Blendug

Gereja Blendug

10 tempat bersejarah di Indonesia, salah satunya adalah bangunan gereja blendug yang ada di kota semarang. Tempat peribadatan orang Kristen ini adalah gereja peninggalan belanda yang dinobatkan sebagai gereja tertua di jateng. 

 6  Gedung Sate

Tempat Bersejarah di Indonesia - Gedung Sate

Gedung yang menjadi ikon kota bandung ini bisa anda masukkan dalam daftar tempat bersejarah di Indonesia. Gedung ini adalah gedung peninggalan belanda yang dibangun dengan gaya bangunan renaissance, Italia. 

 7  Gereja Katedral

Tempat Bersejarah di Indonesia - Gereja Katedral

Jika anda mengunjungi kota metropolitan, tak ada salahnya berkunjung ke gereja katedral yang dibangun dengan gaya bangunan neo gothic. Gereja ini termasuk tempat bersejarah di Indonesia karena sudah ada sejak seabad yang lalu. 

 8  Masjid Istiqlal

Tempat Bersejarah di Indonesia - Masjid Istiqlal

Masjid istiqlal adalah salah satu tempat bersejarah di Indonesia karena masjid ini dibangun saat Indonesia benar-benar merdeka. Masjid yang megah ini juga menjadi masjid terbesar di Asia tenggara sehingga banyak orang yang senang berkunjung ke istiqlal untuk menikmati keindahan bangunannya.

 9  Masjid Raya Medan

Tempat Bersejarah di Indonesia - Masjid Raya Medan

Masjid ini termasuk masjid yang bersejarah di kota medan karena masjid yang indah ini merupakan salah satu saksi bisu kejayaan kerajaan deli pada waktu itu. 

 10  Istana Maimun


Tempat Bersejarah di Indonesia - Istana Maimun

Satu dari 10 tempat bersejarah di Indonesia adalah Istana Maimun. Istana ini berada di kota medan, Sumatra utara. Disini anda tak hanya akan disuguhkan bangunan yang megah, tetapi anda juga bisa belajar sejarah kerajaan deli di masa lampau.

Pengin tahu lebih lengkap cekidot ke sumber berikut. 


0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution