Monday, November 23, 2015

10 Fakta Pulau Sumatera

10 Fakta Pulau Sumatera

Banyak sekali sebenarnya fakta-fakta unik tentang Pulau Sumatera, namun kali ini kita batasi saja sampai 10 fakta menarik. Mungkin di lain waktu akan kita sambung kembali ya .. dan kupas lebih dalam lagi mengenai fakta-fakta unik yang ada di Pulau Sumatera


1.Asal nama Sumatera
Sebenarnya asal nama Sumatera berawal dari keberadaaan Kerajaan Samudera yang terletak di pesisir timur Aceh. Diawali dengan kunjungan Ibnu Batutah, petualang asal Maroko ke negeri tersebut pada tahun 1345, dia melafalkan kata Samudera menjadi Samatrah, dan kemudian menjadi Sumatra atau Sumatera, selanjutnya nama ini tercantum dalam peta-peta abad ke-16 buatan Portugis, untuk dirujuk pada pulau ini, sehingga kemudian dikenal meluas sampai sekarang. lengkapnya sudah pernah kita bahas disini 

Hasil gambar untuk pulau sumatera

2.Nama asli Sumatera
Jadi kalau begitu, apa nama asli Sumatera? Nama asli Sumatera, sebagaimana tercatat dalam sumber-sumber sejarah dan cerita-cerita rakyat, adalah "Pulau Emas". Sumber sejarah yang disebut diambil dari sumber Yunani kuno, hingga sebutan kerajaan Sriwijaya ke pulau Sumatera, dan banyak sumber lainnya. yang ini juga pernah kita bahas disini

Hasil gambar untuk sumatera tempo doeloe

3.Titik tertinggi di Pulau Sumatera
Gunung Kerinci adalah puncak tertinggi di Sumatera. Ia adalah gunung tertinggi di Sumatera, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra. Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh.

Hasil gambar untuk gunung kerinci

4.Suku-suku besar di Sumatera
Sumatera mempunyai suku yang cukup beragam. Secara umum, pulau Sumatera didiami oleh bangsa Melayu, yang terbagi ke dalam beberapa suku. Suku-suku besar ialah Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Besemah, Suku Rejang, Ogan, Komering, dan Lampung. Di wilayah pesisir timur Sumatera dan di beberapa kota-kota besar seperti Medan, Batam, Palembang,Pekanbaru, dan Bandar Lampung, banyak bermukim etnis Tionghoa.

Hasil gambar untuk pakaian adat melayu riau

5.Penduduk yang melebihi Afrika selatan, Arab Saudi, bahkan Kanada!
Penduduk Sumatera berjumlah 52.210.926 pada 2010. Itu berarti mengalahkan jumlah penduduk Negara Afrika Selatan, Arab Saudi, dan juga negara terluas kedua didunia, Kanada!


6.Penghuninya masih cukup sepi
Dibilang sepi-sepi banget nggak juga sih, tapi kepadatannya menengah kebawah, yaitu 96/km persegi. Jadi masih muat banget untuk kita hidup disini :D.

7.Tiga jalur transportasi utama
Yaitu jalur pantai barat, tengah dan pantai timur. Namun yang sering dilewati hanya pantai barat dan timur. Jalur pantai barat yang menghubungkan kota-kota di pesisir barat Sumatera, dari Banda-Aceh-Medan-Pekanbaru-Jambi-Palembang-Lampung dan sebaliknya jalur pantai timur menghubungkan pesisir timur Sumatera, dari Banda Aceh-Padang-Bengkulu-Lampung.

Hasil gambar untuk jalan lintas timur sumatera

8.10 dari 34 provinsi di Indonesia berada disini!
Di region Sumatera terdapat 10 provinsi yang membentang dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Lampung, meski 2 dari provinsi itu tidak berada tepat di pulau Sumatera –Bangka Belitung dan Kep. Riau-

9.Kota terbesar ketiga di Indonesia ada disini!
Ya, itulah kota Medan yang berada di provinsi Sumatera Utara. Kota ini adalah kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya.

Hasil gambar untuk kota medan malam hari

10.Rafflesia Arnoldi yang endemik di Sumatera


Bunga ini ditemukan di Bengkulu pada 1818 oleh Sir Stanford Rafless. Memang banyak bunga Rafflesia di Asia Tenggara ini, namun yang terbesar adalah Rafflesia Arnoldi yang berasal dari Provinsi Bengkulu.

Hasil gambar untuk rafflesia arnoldi


Tentunya menambah wawasan kita mengenai pulau Sumatera kan ? dan semakin bangga dengan keanekaragaman dan keunikannya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution