Monday, November 23, 2015

Fakta Tentang Minangkabau

Fakta Tentang Minangkabau


Salah satu suku bangsa yang terdapat di Pulau Sumatera adalah Suku Minang Kabau, Suku Minang adalah suku yang gemar merantau, konon pada saat mengembangkan Islam, para Alim Ulama dan saudagar Minang mensyiarkan Islam sampai ke semenanjung Malaya (malaysia) dan Bugis kemudian mereka menetap dan mendirikan pemerintahan Islam disana.

Bicara tentang minangkabau, mungkin yang pertama kali terfikirkan oleh kita adalah rendang ataupun sejarah batu malin kundang.Ya, itu hanyalah sedikit dari keunikkan yang tersimpan di negeri minangkabau.

Banyak fakta-fakta lain yang tersimpan di negeri minangkabau, mulai dari paris van sumatera hingga pernah menjadi ibukota negara indonesia.Berikut kami hadirkan fakta-fakta tentang negeri minangkabau.

1.Negeri minang pernah menjadi ibukota negara
Ranah minangkabau pernah mencicipi menjadi ibukota negara, tepatnya di kota bukittinggi.Meskipun cuma sebentar, bukittinggi pernah tercatat sebagai ibukota negara pada masa pemerintah darurat RI.Selain itu, sedikit yang mengetahui bahwa dahulunya bukittingi dijuluki sebagai paris van sumatera selain kota medan.

2.Orang minang mengikuti garis keturunan ibu
Tidak seperti daerah-daerah lain yang mengikuti garis keturunan bapak.Di minangkabau garis keturunan dilihat dari garis keturunan ibu.Di minangkabau ada istilah suku(kurang lebih seperti marga), jika ibu memiliki suku piliang dan bapak memiliki suku koto, maka sang anak akan mengikuti garis keturunan dari ibu dan bersukukan piliang.

3.Negeri minang memiliki banyak objek wisata.
Selain batu malin kundang dan jam gadang, minangkabau juga memiliki tempat wisata yang lain yang tidak kalah eksotis.Dengan hamparan pantai dan pegunungan yang sejuk, membuat minangkabau memiliki banyak objek wisata.Sebut saja ngarai sianok, lubang jepang, air terjun lembah anai, pantai gandoriah, pantai-pantai di derah mentawai dan masih banyak lagi yang lain.Inilah yang membuat para pelancong tidak bosan untuk datang ke negeri minangkabau.

Hasil gambar untuk ngarai sianok

4.orang minang suka merantau
Hal ini seakan sudah menjadi keharusan bagi pemuda-pemuda minang.Entah karena malu, entah karena ingin mencari kehidupan yang lebih baik, entah karena pendidikan, ataupun karena yang lain.Masyarakat minangkabau memang suka merantau.

Hasil gambar untuk pelabuhan teluk bayur tempo dulu

5.Masyarakat minang suka berdagang
Sudah menjadi rahasia umum kalau masyarakat minangkabau suka berdagang.Entah siapa yang pertama kali menanamkan jiwa pengusaha di masyarakat minangkabau.


6.Orang padang = orang minang.
Bagi para perantau, hal ini mungkin sudah biasa mereka alami.Di daerah lain, orang-orang banyak yang menyebut orang minang dengan sebutan orang padang.Padahal sebenarnya ini memiliki arti yang berbeda.Tidak semua orang minang yang merantau itu berasal dari padang.Mereka juga berasal dari daerah-daerah lain di Sumatera Barat.Kemudian, tidak semua orang padang itu orang minang.Masyarakat yang tinggal di padang sudah berbaur dengan masyarakat dari daerah lain.Jadi, tidak semua orang padang itu orang minang.

7.Minangkabau terkenal dengan rendang
Siapa yang tidak kenal rendang?Masakan yang satu ini memang berasal dari minangkabau.Entah bagaimana cara orang minangkabau mengolah masakan yang satu ini hingga tercipta cita rasa yang begitu enak.Bahkan beberapa waktu yang lalu berdasarkan sebuah survey, rendang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia.

Hasil gambar untuk rendang

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution